Nono Sampono ingatkan pentingnya memelihara pluralisme

17 May

ical alex nono suharso tewuJAKARTA – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Nono Sampono mengatakan, kesadaran kolektif untuk menjaga dan memelihara pluralisme harus tetap ditumbuh-kembangkan oleh seluruh warga negara Indonesia. Terlebih di Ibukota Jakarta yang didiami oleh berbagai suku bangsa, agama, ras dengan tingkat sosial ekonomi yang berbeda.

“Tanpa menjaga dan memelihara pluralisme secara konsisten, rasa aman dan nyaman akan menjadi barang langka,” kata Nono Sampono, saat menghadiri peringatan Kenaikan Yesus Kristus di sejumlah gereja dalam wilayah Jakarta, Kamis (17/5).

Gereja yang dikunjungi Nono yang berpasangan dengan calon Gubernur DKI Jakarta Alex Noerdin itu dalam rangka peringatan Kenaikan Yesus Kristus masing-masing di Thamrin Residence, Jakarta Pusat dan di Seison City , Jakarta Barat.

Di Thamrin Residen, pasangan, Alex-Nono yang diusung Partai Golkar, PPP, dan PDS itu menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulance, untuk kepentingan warga Jemaat Kristen diterima Pendeta Gilbert Lumoindang.

Dihadapan ribuan umat Kristiani, Nono menegaskan pluralisme bisa menjadi keseharian kita apabila setiap pemimpin berkomitmen untuk melindungi warga minoritas dari berbagai gangguan dan tekanan kelompok mayoritas sebagaimana yang diperintahkan oleh undang-undang (UU).

“Menjaga kaum minoritas sama artinya menjaga solidaritas dan kebersaan warga dan bansa,” kata mantan Danpaspampres era Presiden Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri itu.

Lebih lanjut Purnawirawan TNI Bintang Tiga itu menjelaskan, dirinya pernah bertugas menjaga daerah-daerah yang rentan terganggu oleh pergolakan reformasi 1998  seperti di daerah Glodok, Pancoran, Jakarta Barat.

Nono yang pernah menjabat berbagai posisi penting seperti Gubernur AAL, Komandan Jenderal Akademi TNI, dan Kepala Badan SAR Nasional, dalam kesempatan yang sama juga menekankan pentingnya rasa aman warga Jakarta, agar berbagai kegiatan, termasuk bisnis, bisa berjalan lancar.

“DKI Jakarta adalah barometer untuk semua provinsi. Jakarta yang aman akan menjadi ukuran dan barometer bagi wilayah lain. Jadi, semua pihak harus memelihara keamanan. Para pemimpin antara lain harus menegakkan rasa aman dan nyaman itu,” ujar Nono.

Lebih lanjut Nono menghimbau warga Kristiani untuk aktif memilih dalam pilkada Juli mendatang dan memilih pasangan gubernur dan wakil gubernur yang mampu memimpin dan membangun Jakarta lebih baik dengan rasa aman dan nyaman.

“Jangan sampai warga tidak menggunakan hak pilihnya seperti pilkada 2007 lalu sebab ada 2 juta warga yang tidak memilih,” tegasnya.

Sementara itu relawan pendukung pasangan Alex-Nono, Willy Sendjaya mengatakan, pasangan Alex dan Nono ini menggabungkan dua kepemimpinan yang masing-masing berhasil dibidangnya. Alex berhasil membangun Sumatera Selatan, dan Nono sukses di karir militernya.

“Jadi klop, pengalaman birokrat dan militer untuk memimpin Jakarta lima tahun mendatang,” katanya.

Adapun program yang menjadi maskot pasangan ini imbuh Willy, antara lain kesehatan dan pendidikan gratis. “Bersama Alek dan Nono kita sehat dan usia sekolah menjalani pendidikannya secara aman dan nyaman. Makanya pasangan ini jadi idola warga DKI Jakarta,” imbuh willy. (fas/jpnn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: