Alex–Nono berpeluang menang

20 Apr

alex_senamJAKARTA (Suara Karya): Pasangan calon gubernur dan calon gubernur DKI, Alex Noerdin-Nono Sampono berpeluang menjadi kuda hitam, merebut kursi DKI-1 dan 2 pada Pilkada DKI, 11 Juli 2012. Sebab, duet ini memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik, sehingga menjadi modal untuk bertarung merebut simpati pemilih Jakarta.

Penilaian itu disampaikan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wawan Ichwan. "Alasan memprediksi bahwa Alex-Nono bakal membuat kejutan karena pasangan yang diusung Golkar, PPP dan PDS ini sudah berpengalaman, dan merupakan duet yang unik dan kompak," katanya.

Direktur Riset Charta Politika Yunarto Wijaya menilai senada. Ia memperhitungkan, pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono berpeluang maju ke putaran kedua.

"Alex telah berpengalaman. Saat menjelang pemungutan suara Pilada Sumatera Selatan lalu, Alex di bawah pesaingnya. Namun Alex mampu membalikkan keadaan dan menang saat pemilihan. Alex berpengalaman merebut simpati pemilih jelang pencoblosan, hal itu harus diperhitungkan rival-rivalnya," kata Yunarto.

Pernyataan Wawan Ichwan dan Yunarto Wijaya ini menanggapi hasil sejumlah survei yang dipublikasi akhir-akhir ini yang menyebutkan popularitas incumbent Fauzi Bowo teratas.

Namun saat mendekati hari pemilihan, publik akan menguji siapakah yang betul-betul layak memimpin Jakarta periode 2012-2017.

Menurut Wawan, popularitas bukan jaminan memang. Survei saat ini bisa saja menyebutkan persaingan ketat akan terjadi antara tiga pasangan yaitu pasangan petahana Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dengan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini. Namun mendekati pemilihan tanggal 11 Juli 2012 nanti pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono berpeluang menjadi saingan berat semua pasangan itu. (Yon Parjiyono)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: