Alex–Nono tanggung biaya kesehatan pak Raden

18 Apr

JANJI PASANGAN CAGUB DKI JAKARTA - Angkutan Bajajn melintasi baliho bergambar pasangan Cagub DKI Jakarta Alex Noerdin dan Nono Sampono dengan janjinya "atasi macet, tuntaskan banjir, sekolah gratis, kesehatan gratis, dan Jakarta yang aman selama tiga tahun terlihat jelas di Kawasan Diponogoro, Cikini, Jakarta, Sabtu (7/4). Sejumlah pasangan bakal calon gubernur DKI Jakarta mulai berandai-andai jika terpilih menduduki kursi nomor satu di Ibukota. Mereka menglontarkan berbagai janji bagi penyelesaian setumpuk masalah kota Jakarta. Pasangan Alex Noerdin dan Nono Sampono, dengan penuh percaya diri, pasangan ini menjanjikan Jakarta bakal terbebas banjir dan macet selama tiga tahun awal kepemimpinannya. “Kalau selama tiga tahun tidak berhasil, kami siap mundur,” kata Alex. FOTO : RANDY TRI KURNIAWAN/RMMASIH ingat dalam benak kita, sosok Pak Raden yang dengan kumis lebat dan pakaian khas Jawa selalu bercerita melalui gambar atau bonekanya. Namun, pria yang aslinya bernama drs Suyadi itu kini sudah tak lagi sebugar dulu. Di usia senjanya yang sebentar lagi memasuki 80 tahun, pencipta film boneka "Si Unyil" ini harus berjuang melawan penyakit tuanya yakni keropos tulang.

Pak Raden terpaksa bertumpu pada sebuah tongkat kayunya untuk membantunya melangkah. Pemberitaan soal kondisi pak Raden dan perjuangannya untuk memperoleh hak cipta atas "Si Unyil" pun belakangan ini tengah mendapat sorotan media.

Mendengar kondisi prihatin yang tengah dialami pak Raden, Alex Noerdin yang kini menjadi bakal calon gubernur DKI Jakarta mengunjungi pak Raden pada Minggu (15/4) malam di kediamannya, Jalan Petamburan III, Jakarta Barat. Alex dan Pak Raden sempat berbincang santai. Pak Raden menuturkan bahwa dengan kondisi kesehatannya yang kian menurun, ia selalu menjalani pengobatan.

"Ada perawatan dari dokter karena alternatif saya sudah kenyang. Makanya kembali ke dokter," ujar pak Raden.

Namun, pak Raden menuturkan bahwa dirinya agak kesulitan membiayai perawatannya itu lantaran obat-obatan yang sangat mahal. "Soal dokternya saya masih bisa bayar, tapi obat-obatannya itu mahalnya ampun-ampunan," kata Pak Raden.

Seniman yang kini sudah cukup sulit beraktivitas itu juga kesulitan uang lantaran tidak mendapat hak cipta dari tokoh boneka "Si Unyil" yang diciptakannya. Praktis, dengan kondisinya itu, Pak Raden hanya bisa mengandalkan penjualan hasil lukisan-lukisannya.

Ketika mendengar keluhan Pak Raden, Alex Noerdin langsung menyanggupi untuk menanggung semua biaya kesehatan pak Raden. "Sudah, kalau soal biaya rumah sakit tidak perlu dipikirkan lagi. Biar itu kami yang atur," tutur Alex.

Ia menambahkan, bantuannya itu dilakukan lantaran mengingat jasa pak Raden yang begitu besar. Anak-anak Alex bahkan adalah penggemar pak Raden. "Kalau sudah jam tayangnya Unyil, udah itu rapi di depan televisi," paparnya.

Selain memberikan bantuan biaya kesehatan, Alex juga sempat menawarkan jasa kuasa hukum kepada pak Raden. Anak ketiga Alex adalah seorang advokat yang spesialisasinya bergerak di bidang hak cipta.

"Kalau bapak mau, saya juga bisa atur biar anak saya saja yang mendampingi bapak untuk soal hak cipta ini," imbuh Alex. Pak Raden pun langsung sumringah mendengar janji bantuan itu. "Mimpi apa saya ini? Saya yakin banyak orang baik di dunia ini. Terima kasih," imbuh pak Raden. O sbr/kc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: